Skip to main content

Mengenal Tanaman Kemiri

Kemiri - Selama ini khusus di Indonesia dan Malaysia sebagian orang mengenalnya sebagai bumbu dapur atau rempah-rempah, sedangkan di Hawai, kemiri dijadikan sebagai bahan bakar untuk menyalakan listrik. selain kedua hal pemanfaat tersebut ternyata ada pemanfaatn lainya, di Indonesia selain sebagai bumbu dapur kemiri juga memiliki manfat lainya seperti pemanfaatan minyak kemiri sebagai penyubur rambut, bahkan pemanfaatan minyak kemiri asli sebagai penyubur rambut kini banyak ditemukan di pasaran terutama pasar online yang dikemas dalam banyak variasi sehingga menjadi lebih menarik dan produk olahan dari minyak kemiri kini dijual bebas dengan beragam klaim.

Tinggi pohon kemiri yang disebut juga buah keras di Malaysia ini rata-rata 15-25 m. Minyak kemiri sendiri berada di dalam kulit yang sangat keras yang sesuai namanya (candlenut) dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan lilin.

Perkebunan pohon kemiri dewasa ini umumnya digunakan untuk memasok industri minyak kemiri. Tiap pohon akan memproduksi setidaknya 30-80 kilogram kemiri yang dapat menghasilkan minyak dengan volume 15-20 persen dari berat kacang kemiri tersebut.

Jika belum diolah, kemiri mentah dapat mengandung saponin dan phorbol yang agak beracun. Namun di lain sisi, minyak kemiri sendiri umumnya tidak menyebabkan iritasi, bahkan jika mengenai mata. Minyak dihasilkan dari ekstrak biji kemiri yang di Hawai disebut juga kukui (Aleurites moluccanus). Minyak yang berwarna kuning cerah ini kini dijual bebas dalam botol dan dapat tahan disimpan dalam suhu ruang hingga 6-8 bulan.

Di dalam bidang industri, setelah modifikasi, minyak kemiri dapat digunakan sebagai bahan bakar diesel. Pada pabrik pengolahan kayu, minyak kemiri juga dapat berperan sebagai vernis atau pengawet kayu, campuran cat, kertas tahan air, bahan penghambat panas, hingga pengganti karet. Sementara bagi warga Hawai, manfaat minyak kemiri adalah sebagai bahan bakar lampu minyak yang disebut hele po kukui, sumbunya terbuat dari kain tapa.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebelum mengambil kesimpulan mengenai manfaat minyak kemiri untuk kecantikan dan kesehatan manusia, kita tinjau dulu dari kandungannya. Menurut sebuah penelitian, minyak kemiri mengandung:

Asam oleic (15%): yaitu asam lemak yang secara alami terdapat pada binatang dan tumbuhan. Asam oleic adalah komponen utama bahan pengemulsi dalam sabun, pelunak, dan juga pelarut dalam produk aerosol. Asam oleat merupakan lemak tidak jenuh rantai tunggal yang dikaitkan dengan kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

Asam linoleic (40%): yaitu asam lemak tak jenuh omega-6 yang banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan karena dipercaya bersifat antiradang, melembapkan, dan mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Asam linolenic (kurang dari 30%): yaitu salah satu asam lemak omega-3 yang diperlukan tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan.
Tidak heran banyak produk kecantikan dan kesehatan berbahan dasar minyak kemiri mengklaim dapat memberikan berbagai manfaat. Berikut beberapa klaim manfaat minyak kemiri yang sering disebut.

Sebagai bahan dasar pembuatan sampo dan sabun.
Minyak kemiri dapat dioleskan pada kulit dengan perpaduan berbagai aroma.
Seperti minyak kastor, manfaat minyak kemiri juga serupa, yaitu dapat digunakan sebagai conditioner rambut.

Setelah diproses, minyak kemiri ini juga menjadi bahan utama produk-produk kecantikan komersial.
Dapat dioleskan ke kulit kepala sebagai penumbuh dan penyubur rambut.
Di beberapa tempat, kemiri juga digunakan sebagai bahan obat pencahar, obat untuk menangani diare berdarah, sakit kepala, demam, hingga sendi bengkak.

Dunia medis mencoba membuktikan kegunaan kemiri maupun minyak kemiri, antara lain pada penyakit asma, diare, konstipasi, serta botak. Namun, penelitian-penelitian tersebut masih sangat sedikit sehingga belum bisa menjadi patokan untuk digunakan pada manusia. Hingga saat ini kemiri ataupun minyak kemiri masih memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya pada manusia untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut.

Minyak kemiri yang digunakan dalam industri selain kecantikan dan kesehatan bisa jadi telah teruji manfaatnya sehingga terus digunakan. Tetapi manfaat minyak kemiri dalam kecantikan umumnya belum mendapat verifikasi secara medis sehingga penggunaannya perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter, terutama jika Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu.
sumber : alodokter.com

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Minyak Kayu Balitung

Aneka Tumbuhan Herbal -  Kali ini membahas tentang Manfaat Minyak Kayu Balitung yah guys, Mungkin anda pernah melihat  atau bahkan mengalaminya sendiri, umur masih mudah tapi kok  rambut sudah mulai tumbuh warna abu-abu atau bahkan putih yang biasanya disebut dengan uban.   munculnya uban di usia yang masih relatid muda tentu menjadi perhatian tersendiri bukan?. Selain berpengaruh terhadap penampilan dan percaya diri, biasanya rambut uban juga menyebabkan rasa gatal di kepala. Di Kalimantan tepatnya Suku Dayak konon ada ramuan rahasia yang membuat rambut tetap hitam, dan kini ramuan tersebut sudah ketahui dan digunakan oleh banyak orang, ramuan tersebut namanya  Minyak Kayu Balitung. ramuan ini telah terbukti keampuhanya dalam mengatasi masalah pada rambut, terutama rambut uban, Minyak Kayu Balitung adalah ramuan alami yang dapat menghilangkan uban dan penumbuh rambut dari masyarakat tradisional Suku Dayak yang terbuat dari ramuan herbal asli. Minyak  Kayu Balitung sesuai nam

Berbagai Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kulit Manggis - Aneka Tumbuhan Herbal kali ini akan membahas tentang kandungan nutrisi dan manfaat dari kulit manggis yah, Siapa yang tidak kenal buah manggis?, hampir semua orang mengenalnya bukan?, meski demikian Tidak banyak orang yang sudah mengenal buah manggis hanya sebatas pada buahnya saja dan berbeda jika anda melihat manfaat mawar kuning, karena memang yang banyak dijual di pasar adalah buah manggis. Bagi anda yang suka buah manggis, mungkin yang anda ketahui buah yang satu ini memiliki banyak sekali keunikan. Mulai dari warna, rasa, hingga pohon manggis. Buah manggis memiliki rasa yang cenderung manis walaupun ada beberapa buah manggis yang memiliki perpaduan rasa antara manis dan asam. Daging buahnya sendiri sangat berbeda dengan kulit buahnya, dengan kulit yang berwarna ungu hingga ungu kemerahan dan kadang juga ungu kecoklatan, buah manggis memiliki warna yang putih seputih susu. Adapun cara mengetahui jumlah daging buah manggis sebelum membuka kulitnya b